Apa itu GPN dan Manfaatnya

Jika kalian salah satu yang sering menggunakan kartu debit, kartu Atm dan sering menggunakan transaksi cashless. Kalian wajib mengetahui tentang GPN karena sejak 29 juli sampai dengan 3 agustus tahun 2018 Bank indonesia telah melakukan kerja sama, yang mana kerja sama tersebut menyelanggarakan penukaran kartu yang berlogo GPN pada 17 wilayah di indonesia. Jadi, jika kalian yang masih menggunakan Kartu debit dan ATM atau master card yang masih berlogokan Visa, kami sarankan untuk segera menukarnya dengan kartu yang berlogo GPN. Kalian masih penasaran dan belum mengerti menganai GPN? mari baca artikel ini sampai selesai.

  1. Pengertian GPN

GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional adalah adalah salah satu sistem pembayaran elektronik yang menggabungkan transaksi non tunai untuk seluruh bank pada satu sistem pembayaran saja. Kalian tidak perlau lagi mencari mesin ATM yang sesuai dengan jenis kartu ATM bank kalian, karena GPN mempunyai dua karakter yakni interoperrabilitas dan interkoneksi yang mana GPN sudah terkoneksi untuk semua pembayaran di indonesia.

GPN tidak hanya memudahkan untuk transaksi ternyata GPN akan digunakan oleh pemerintah untuk memfasilitasiu program-program seperti penyaluran bantuan sosial non tunai, E-tol, P2G.

Tanggal 21-06-2017 GPN di dirikan dan mempunyai dasar hukum No. 19/8/PBI/2017 dan tanggal 20-09-2017 dan memiliki landasan hukum PADG No. 19/10/PADG/2017. Kedua landasan hukum tersebut berisi tentang Gerbang Pembayaran Nasional (GPN)

Jadi, jika kalian memiliki kartu yang berlogo GPN, maka kalian bisa melakukan transaksi pembayaran atau penarikan dimanapun di negara indonesia.

  1. Manfaat Menggunakan GPN

Mantfaat GPN ialah yang mempersatukan transaksi pembayaran secara nasional. Berikut beberapa manfaat GPN untuk Bank Indonesia:

  • Kalian bisa menggunakan kartu debit dan atm yang berlogo GPN untuk melakukan semua transksi pembayaran secara nasional di indonesia
  • Bisa melakukan transaksi pembayaran secara nyaman dan aman karena kartu yang berlogo GPN sudah dilengkapi fitur keamanan bersetandar memalui jaringan domestik
  • Pengguna kartu yang berlogo GPN tidak dikenakan biaya alias gratis karena MDR (merchant discontn rate)
  • Pengguna tidak perlu ribet membawa uang tunai jumalah banyak
  1. Mewajibkan Penukaran Kartu yang Berlogo GPN

Jika kalian merasa warga negara baik, alangkah baiknya kalian harus mendukung semua keputusan pemerintah agar pemerintrah mampu memajukan sistem perbankkan dan perekonomian negara indonesia. Dengan kita menggunakan kartu debit atau ATM yang berlogo GPN untuk melakukan transaksi pembayaran dengan begitu kita sudah membantu sitem perbankkan indonesia untuk menjadi lebih baik. Jika, kalian sering bepergian keluar negri kalian harus memiliki kartu yang berlogo visa untuk melakukan transaksi lebih mudah di luar negri.

  1. Apakah Aman Menggunakan GPN?

Bank Indonesia telah memaparkan mengenai keamanan GPN yang sudah teruji karena keamanan GPN menggunakan keamanan internasioan best practices yang sudah bersertifikasi. Jadi, jangan ragu lagi menggunakan kartu debit atau ATM yang berlogo GPN karena sudah dilengkapi dengan chip dan menggunakan pin sebanyak 6 digit.

Ketika kalian melakukan transaksi kartu yang berlogo GPN sudah di terapkan end to end encryption hal ini sebagai upaya untuk mencegah fraud transaksi yang menggunakan kartu. Keamanan GPN juga jangan diragukan lagi karena sudah mempunyai lembaga yang bersetandar dan service yang bisa melindungi data pengguna.

Jadi, kesimpulannya kalian wajib memiliki kartu yang berlogo GPN karena dengan begitu kita sudah membantu perbankkan dan perekonomian indonesia. Tidah usah ragu dengan GPN karena keamanannya sudah berstandar taraf internasional.

Apa itu GPN dan Manfaatnya | Makka El Fatih Setiawan | 4.5